Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara ummat Bekasi didirikan dengan visi membentuk generasi qur’ani yang cerdas, berakhlak mulia, berjiwa pemimpin dan trampil berwirausaha. Didirikan oleh Yayasan Mutiara Ummat, Bekasi sebagai lembaga Pendidikan nonformal di Indonesia. Legalitas yang diambil adalah izin operasional di bawah pembinaan Kemenag RI untuk program keagamaannya dan didampingi dengan pembinaan Dinas Pendidikan Kota Bekasi untuk program Pendidikan kesetaraannya.
Sebagai lembaga Pendidikan non formal, Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara ummat Bekasi merupakan lembaga yang melaksanakan kegiatannya secara sistematis, berstruktur, dimulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan menengah dan yang setaraf dengannya, termasuk didalamnya adalah kegiatan studi yang berorientasi akademis dan umum, program spesialisasi, dan latihan profesional yang dilaksanakan dalam waktu yang terus menerus.
Dan sebagai Pendidikan nonformal, Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara ummat Bekasi merupakan jalur pendidikan yang juga terstruktur dan berjenjang yang setara pendidikan dasar (SMP) dan pendidikan menengah (SMA). Maka hasil pendidikan Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara ummat Bekasi layak dihargai setara dengan hasil pendidikan formal.
Jantung kehidupan lembaga Pendidikan berada pada kurikulumnya. Maka Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara ummat Bekasi mencoba Menyusun kurikulum yang bersifat relevan (sesuai dengan kebutuhan yang ada). Penyusunan kurikulum ini telah mendapat berbagai masukkan dari beberapa pakar Pendidikan, praktisi Pendidikan dan pengelola pondok pesantren lain. Dikuatkan dengan studi banding di beberapa pondok pesantren.. Dan kurikulum yang disusun selalu mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan oleh Pondok Pesantren Tahfidz Mutiara ummat Bekasi. Dari semua upaya yang telah ditempuh maka tersusunlah kurikulum sebagai berikut:
KURIKULUM
PONDOK PESANTREN TAHFIDZ MUTIARA UMMAT BEKASI
Mata Pelajaran
|
Deskripsi
|
Tujuan
|
Pengajar
|
A.
Kurikulum Umum
|
Dibawah
Perizinan Dinas Pendidikan Kota Bekasi
|
Legalitas
resmi
|
Kabid
PFNI Disdik Kota Bekasi
|
1.
Bahasa Indonesia
|
Mempelajari
tata Bahasa Indonesia yang benar, dan mampu berbicara atau menulis dengan Bahasa
yang lengkap baik dan benar.
|
1. Memahami tata Bahasa
Indonesia yang baik dan benar serta menggunakan kalimat sempurna
2. Mampu
menggunakannya dalam praktek berpidato dan menulis berita/artikel
3. Berbahasa Indonesia
yang baik.
|
Dr.
Diyah Yuli Sugiarti SE, M.Pd.I
Kiki
Ratna Purbanu S.Kom, S.Pd.I, M.Pd
|
2.
Bahasa Inggris
|
Mempelajari
tata Bahasa Inggris yang benar dan menghafal berbagai kosa kata sehingga lancer
berbahasa Inggris dengan baik dan benar
|
1. Memahami tata bahasa
Inggris yang baik dan benar serta menggunakan kalimat sempurna
2. Mampu
menggunakannya dalam praktek berpidato dan menulis berita/artikel
3. Berbahasa
Inggris yang baik.
|
Inda
Fitriani Effendi, M.Pd
|
3. Matematika
|
Mempelajari
konsep dasar matematika dan pengembangan dalam pentuk menjawab soal serta
mempraktekkan bagaimana berhitung dalam kehidupan
|
1. Memahami konsep dasar berhitung
2. Mampu menjawab
soal matematika
3. Mampu berhitung
dalam praktek keseharian
|
Dicky
kaharudin, S.Pd
Indah
Widia Fahrilianti, S.Pd
|
4.
IPA/IPS
|
Mempelajari
ilmu pengetahuan alam dan memfokuskan pada IPA yang aplikatif untuk kehidupan
|
Memiliki
pengetahun tentang IPA, dan kemudian mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan
nyata
|
Eka
Diana Widyasari, S.Pd
Ade Irwanto, SE
|
B. Kurikulum Ponpes
MU
|
Dibawah
Perizinan Kemenag Kota Bekasi
|
Legalitas
Resmi
|
Kabid
PD dan PONTREN Kemenag Kota Bekasi
|
1.
Al Qur’an
|
1. Al Ustadz M
Syahrial Al Hafidz
2. Al Ustadz
Jalaluddin Al Hafidz
3. Al ustadz Syamsudin
Al Hafidz
4. Ustadzah Siti
Nurul Khodijah
|
||
a. Tahsin
|
Mempelajari
bacaan Al Qur’an secara tartil sesuai
tajwid
|
Mampu
membaca al Qur’an dengan benar
|
|
b. Tahfidz
|
Menghafal
Al Qur’an satu hari minimal satu halaman
|
Mampu
menghafal al Qur’an sesuai target waktu yang telah ditetapkan
|
|
c. Irama murotal
|
Membaca
al Qur’an dengan suara indah/irama murotal
|
Memiliki
kelayakan melantumkan bacaan Al Qur’an ditengah umat
|
|
2.
Bahasa Arab
|
1. Al Ustadz Normal
Abu Salsabila, S.Pd
2. Al Ustadz Wahyu
Tian Aji
3. Al Ustadz Wahyu Ramansyah S.Pd
|
||
a. Nahwu shorof
|
Mempelajari
tata Bahasa Arab untuk mampu memahami kalimat, membuat kalimat dan menulis kalimat
|
Memiliki
kemampuan memahami kalimat, membuat kalimat dan menulis kalimat
|
|
b. Percakapan/muhadatsah
|
Menghafal
kosa kata Bahasa Arab dan mampu berbicara dengan lancar
|
Mampu
melakukan muhadatsah dengan Bahasa Arab
|
|
c. Kitab Gundul
|
Praktek
membaca kitab dengan kaidah yang benar dan mampu mengartikannya
|
Memiliki
kemampuan membaca kitab dengan kaidah yang benar dan mampu mengartikannya
|
|
3.
Tsaqofah Islamiyah
|
1. Al Ustadz Wahyu
Tian Aji
2. Al Ustadz Dicky
K S,Pd
3. Al Ustadz Ade Irwanto SE
4. Ustadzah Diyah
Yuli Sugiarti
5. Ustadzah Cut Outri Qory
|
||
a. Fiqih Ibadah
|
Mempelajari
dalil, cara ibadah maghdhoh
|
Menghadirikan
komitmen yang kuat cara yang benar dan gemar melaksanakannya
|
|
b. Adab
|
Mempelajari
berbagai adab sehingga menumbuhkan akhlak mulia dalam keseharian
|
Terbentuk
akhlak mulia dalam keseharian santri
|
|
c. Tata Pergaulan
dalam Islam
|
Mempelajari
tata pergaulan antara Ikhwan dengan akhwat sehingga selaras dengan aturan
Islam
|
Mampu
menerapkan tata pergaulan antara Ikhwan dengan akhwat sehingga selaras dengan
aturan Islam
|
|
4.
Da’wah
|
1. Al Ustadz Wahyu
Tian Aji
2. Al Ustadz Dicky
K, S.Pd
3. Al Ustadz Ade Irwanto SE
4. Ustadzah Diyah
Yuli Sugiarti
5. Ustadzah Nita Humayroh
6. Ustadzah Cut Putri Qori
|
||
a. Kajian Rutin da’wah
|
Mempelajari
pembinaan Islam
|
Melaksanakan
pembinaan yang sesuai dengan Islam
|
|
b. Teknik
berceramah
|
Mempelajari
Teknik da’wah bil lisan
|
Menguasai
Teknik da’wah bil lisan
|
|
c. Aktif Pengajian
remaja
|
Mempelajari
bagaimana da’wah berjamaah dan mampu mengkoordinir kegiatan pengajian remaja
|
Mampu
melaksankan da’wah berjamaah dan mampu mengkoordinir kegiatan pengajian
remaja
|
|
C.
Diklat Ketrampilan
|
|||
1.
Kepemimpinan
|
Mempelajari
konsep kepemimpinan dan bagaimana kepemimpinan dalam Islam sehingga muncul
jiwa kepemimpinan
|
Mengetahui
konsep kepemimpinan dan kepemimpinan dalam Islam sehingga muncul jiwa
kepemimpinan
|
Ustadz
Wahyu Tian Aji
Dr.
Diyah Yuli Sugiarti, SE,M.Pd.I.
|
2.
Teknologi
|
Mempelajari
ilmu dasar computer, dan mampu membuat karya Islami di media social melalui pembuatan
editing video, poster, dan mendisain berita foto yang menarik untuk da’wah
|
Mengetahui
ilmu dasar computer, dan mampu membuat
karya Islami di media social melalui pembuatan editing video, poster, dan
mendisain berita foto yang menarik
untuk da’wah
|
Al
Ustadz Agung M.Pd
Ustadzah
Dr. Diyah Yuli Sugiarti, SE,M.Pd.I
|
3.
Tibunnabawwi
|
Mempelajari
dasar dasar tibunnabawwi, memiliki ketrampilan berbagai pengobatan alternative
(refleksi, totok, bekam dan ruqiyah)
|
Mengetahui
dasar dasar tibunnabawwi, memiliki ketrampilan berbagai pengobatan alternative
(refleksi, totok, bekam dan ruqiyah)
|
Al
Ustadz Tofan Eko Budi
Ustadzah
Dr. Diyah Yuli Sugiarti, SE,M.Pd.I
Ustadzah Eka Diana Widyasari, S.Pd |
4.
Kewirausahaan
|
Mempelajari
ilmu kewirausahaan serta Latihan merancang usaha mandiri
|
Mengetahui
ilmu kewirausahaan serta mampu merancang usaha mandiri
|
Al
Ustadz Mono Arinta
Dr.
Diyah Yuli Sugiarti, SE,M.Pd.I
|
D.
Ekstra Kurikuler
|
|||
1.
Memanah
|
Melatih
fisik sehingga sehat dan memiliki ketrampilan memanah
|
Memiliki
fisik sehat dan memiliki ketrampilan memanah
|
Al
Ustadz Wildan
|
2.
Bela Diri
|
Mengolah
jasmani sehingga kuat dan mampu melindungi diri
|
Membentuk
jasmani yang kuat dan mampu melindungi diri
|
|
3.
Hadroh/marawis
|
Mempelajari
seni Hadroh dan Marawis sehingga memiliki rasa seni dan belajar membangun teamwork
di kalangan santri
|
Memiliki
rasa seni dan belajar membangun teamwork
di kalangan santri di samping mampu memainkan seni Hadroh/marawis
|
1. Al Ustadz M
Syahrial Al Hafidz
2. Al Ustadz Dicky
K. S.Pd
|
Diharapkan implementasi kurikulum tersebut akan membentuk profil lulusan santri sebagai sosok yang hafidz Qur’an, mampu berbahasa Arab, berakhlak mulia, sehat jasmani, aktif dalam syiar Islamiyah, memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan serta dilengkapi dengan berbagai ketrampilan khusus yang bisa menjadi modal untuk membangun kewirausahaan mandiri. Hal ini selaras dengan visinya yaitu membentuk generasi qur’ani yang cerdas, berakhlak mulia, berjiwa pemimpin dan trampil berwirausaha.
Posting Komentar